Resep Seblak Jeletot Gajih Seuhah


Okay kali ini saya akan membagikan resep pertama saya di blog ini. FYI seblak ini hasil racikan saya sendiri. Hasilnyaa??rasanyaaa??jelasssss ENDHOOOLLL SURENDOOOLL TAKENDOOLL KENDOOLLLL hihihi. Seblak?siapa sih yang ga kenal makanan berkuah pedas asal Jawa Barat ini, sekitar 2017-2018 sangat booming bangettttt. 

Mulai dari yang hanya berbahan dasar kerupuk ama sayuran, sampai mulai banyak yang berkreasi dengan beragam bahan lainnya. Mulai dari sosis, ceker ayam, kepala ayam (serba ayam), tetelan, hingga mozzarella. Mulai dari pedagang kaki lima, cafe, restoran ampe yang instant pun ada, mantabb ga tuch.  Seblak pas banget kalo di makan pas musim ujan-ujanan gini pedes di mulut, anget di perut. Okay langsung aja menuju racikan missica berikut ini

Bahan-bahan

1.  1 ons kerupuk kancing yang udah di rendam air (bisa pakai kerupuk apa aja)
2.  10 buah baso Sapi, 3 buah siomay ayam, 1 buah cireng kemasan, 1 butir telur ayam kocok lepas
3.  Tetelan dan gajih (lemak) secukupnya, ini biar kuah ada kaldunya biar sedep
4.  1 buah mie instan yang sudah direbus dan tiriskan
5.  ¼ Ikat sawi dan kubis (ini bisa disesuaikan selera, kalo saya cukup sedikit aja biar bintang utamanya kayak baso, kerupuk, siomay, cireng lebih dominan yah)
6.  2 cm jahe (di parut)
7.  1 sdt Garam dan 1 sdt gula
8.  1 bungkus penyedap rasa (saya pakai royco sapi)
9.  1 sdm Kecap (saya pakai kecap bango)
10. 1/2 sdt merica bubuk ( saya pakai ladaku)
11.  4 sdm minyak goreng
12.  2 lembar daun salam dan 2 lembar daun jeruk
13. Bawang goreng
14.  Air secukupnya
Bumbu yang dihaluskan
1. 6 siung bawang putih
2. 4 siung bawang merah
3. 2 butir kemiri sangria
4. 4 buah cabe keriting/cabe merah
5. 20 buah cabe rawit (sesuai selera)
6. 1cm kencur
Cara membuat
1.  Siapkan wajan dan panaskan di atas api kecil, tuang bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan daun salam dan daun jeruk. Oseng-oseng hingga harum baru masukkan minyak goreng. Kemudian masukkan tetelan dan gajih oseng-oseng sebentar dan masukkan air kurang lebih sebanyak 8 gelas
2. Rebus tetelan dan gajih bersama bumbu diatas api yang sedang sampai air mulai berkurang. Ini untuk mendapatkan kuah kaldu dan agar tetelan dan gajih lebih empuk kurang lebih 10 menit.
3. Masukkan jahe, royco, garam, gula, dan merica bubuk . Aduk hingga merata, kemudian masukkan kecap. (cicipi apakah rasa sudah sesuai selera anda)
4. Masukkan baso, siomay, dan telur ayam. Tunggu selama 2 menit. Kemudian masukkan cireng, sayuran, dan kerupuk. Masak selama 3 menit. (baso,siomay,cireng dipotong-potong dulu yah buk)
5.     Angkat dan sajikan (taburi bawang goreng biar lebih gurih)

Note: sebaiknya kerupuk direndam dulu. Saya pakai air biasa yah sekitar kurang lebih 1 jam. Kalo pakai air panas atau di rebus dulu takutnya terlalu lembek. Dan kalo kerupuk mentah langsung dimasukkan ke kuah seblak langsung, si kerupuk malah menyerap air kuahnya jadi berkurang deh.

Komentar

Postingan Populer