Interview Staff Trainer di J&T Express


Hi rekan, kali ini gw mau share pengalaman interview kerja di J&T Express Jawa Timur. Kebetulan ini gw alami sendiri dan FYI ini bisa menjadi gambaran kalian gimana sih proses recruitment di sono. Jadi, awalnya gw dapat info dari salah satu iklan lowongan kerja di Instagram. Yang mana isi dari iklan menginformasikan kalau J&T Express Jawa Timur sedang membuka seleksi penerimaan karyawan baru dengan posisi yang dibutuhkan yaitu sebagai Staff Trainer (TTR). Kualifikasi yang dibutuhkan antara lain wanita usia 22-28 Tahun, S1 Semua Jurusan, mempunyai pengalaman mengajar, memiliki kemampuan public speaking, mampu mengoperasikan Ms. Excel, dan Good Looking. Yauda sehari sebelum batas lamaran ditutup tepatnya tanggal 14 Oktober 2019, gw kirim lamaran via email ke HRD J&T sesuai info loker. Nah besok paginya atau sehari setelah gw kirim lamaran via email, tanggal 15 Oktober 2019 gw dapat pesan via WhatsApp bahwa J&T Express Jawa timur mengundang gw untuk mengikuti proses interview penerimaan Staff Trainer Pusat Jawa Timur. Tepatnya tanggal 16 Oktober 2019 pukul 9 pagi bertempat di Ruko RMI Blok F14 Gubeng Surabaya dan ada note “harap memberikan konfirmasi kehadiran dengan membalas chat ini”.

Awalnya gw ga nyangka sih nih pesan bener nih, no tipu-tipu? Hehe maklum lah sebagai jobseeker kita ini rawan melayang kalau uda dapet panggilan interview keburu seneng gitu. Takutnya dimanfaatin sama oknum. Yauda gw pikir gw tetep dateng aja, mengadu nasib hehe apalagi waktunya juga besoknya. Okay di hari H, dari rumah gw berangkat jam setengah 8 pagi karena jarak dari rumah gw ke lokasi sekitar 1 jam. Sampai lokasi sekitar pukul 08.45 (sebelumnya diwarnai drama nyasar gegara google maps, main feeling dan tanya kang parkir deh hihi untung bener). Kesan pertama sampai kantor J&T pusat ya lebih ke ruko cuma lebih luas dan eye catching dibanding ruko yang lain. Masuklah gw ke dalam kantor bersama temen baru kenalan di tempat parkir yang sama-sama akan mengadu nasib. Kita di sambut mbak CS J&T yang kira-kira seumuran gw. Kita disuruh isi daftar hadir dulu dimeja CS, nah baru ketika isi daftar hadir gw baru tau kalau proses interview ini selain buat seleksi Staff Trainer juga buat seleksi Staff Accounting. Ternyata temen gw tadi melamar di Staff Accounting. Setelah itu, kita dipersilahkan sama mas CS buat masuk ke ruang meeting sambil menunggu HRD. Dan apa yang gw lihat sekitar 40 an peserta uda di dalam ruangan itu termasuk gw. Gw kira cuma segelintir orang,  karena tempatnya di ruko pikir gw. Dan ternyata selain kandidat wanita ternyata ada juga beberapa kandidat pria. Gw kira cuma kita para wanita sesuai info loker, ternyata dari info lainnya di beberapa info loker ada yang tertulis kandidat pria/wanita gitu. 

Okelah kita nunggu 20 menitan berjalan, sambal ngobrol sama temen sebelah temen baru lagi hihi. Tiba-tiba dia nyeletuk tuh yang lain sibuk ngisi formulir apa sih. Apaan, formulir apa jawab gw. Dan gw tanyalah ke temen belakang gw “mbak itu lagi ngisi apaan yak?” dijawablah sama dia kalau itu formulir yang harus diisi tepatnya ada 4 lembar kertas dikasih sama CS yang depan pintu masuk tadi. Nah gw sama temen gw kok ga dikasih sih. Kata dia tadi abis sekarang coba minta ke CS nya. Yaudah gw sama temen gw menuju ke CS, dan temen baru yang gw temuin di ruang meeting ternyata dia udah ngisi karena dia daftar loker via web dan dapet tuh formulir. Hmmm beda banget sama gw huhu, yaudah gw minta ke mbak CS dan katanya masih nunggu karena masih diphotocopy. Mba CS bilang kalau nanti formulirnya dianter keg w atau peserta lain yang belum dapet ke ruangan. Okelah gw tunggu, cuma gw sama temen gw ternyata yang baru dapet formulir hehe. Baru isi bentar, tetiba datang HRD wanita berkerudung. Dia mempersilahkan kita untuk menuju ke ruangan di lantai 4 agar lebih kondusif. Menujulah kita satu-persatu menapaki tangga kehidupan *eaaa. Sampailah kita ke ruangan yang sekitar 4 kali lebih besar dari pada ruangan sebelumnya. Ini bias dibilang seperti ruangan seminar. Ga nyangka sih gw ruko yang dari luar keliatan kecil semakin ke atas semakin bertemu ruangan sebesar ini hehe.

Gw lanjutin tuh isi formulir, oh ya disitu gw harus berpisah dengan temen gw karena kata bu HRD Staff Accounting dan Staff Trainer harus berbeda sisi tempat duduk. Dari pembagian sisi gw tau jika pelamar Staff Trainer lebih banyak dibanding Staff Accounting sekitar 25 an orang wow saingan gw huhu kudu tetap semangat dan optimis. Setelah itu, HRD menginformasikan bahwa hari ini seleksi dimulai dari tes tulis psikotes, tes komputer, hingga tes wawancara HRD dan User. Oh ya FYI ibu HRD juga bilang kalau setiap tahapan adalah langsung sistem gugur. Okay selanjutnya kita semua di suruh mulai mengerjakan 2 lembar soal dengan soal berbeda di setiap lembarnya. Masing-masing soal ada timer nya. Selanjutnya kita disuruh ngumpulin lembar soal bersama dengan berkas CV lengkap kita. Sekitar 3 menitan tetiba nama gw dipanggil, gw yang pertama gaiss. Gw langsung angkat tangan karena kok nama gw dipanggil dulu apa gw bikin kesalahan, karena pengisian form dari CS belum lengkap. Dan gw juga dideretan yang ngumpulin hasil tes tulis terakhir. Kemudian gw maju dong sambal diliatin peserta yang lain sambal bilang iya buk saya. Terus ibu HRD bilang “Oke mbak bias langsung menuju ruangan komputer dilantai saya untuk melanjutkan rangkaian tes”. Wow alhamdulilah gw lolos dong di tahap pertama. Gw bersama 3 peserta yang lain menuju ruang komputer. Sementara yang lain tetap disini menunggu pengumuman hasil dan ke ruangan komputer secara bergantian. FYI test Ms. Excell ya gaisss

Masuklah kita berempat di ruangan komputer, ada sekitar 10  komputer tetapi untuk tes ini ada 4 buah komputer yang dipersiapkan untuk kami. Sementara yang lain adalah untuk digunakan oleh Staff lain. Setelah selesai kami dipersilahkan menuju ke kursi depan di area CS untuk menunggu hasilnya. Oke setelah 5 menitan menunggu. 2 peserta dinyatakan lolos yaitu gw dan satu peserta lainnya yang kemudian jadi partnership gw selama melewati tahapan berikutnya. Sementara peserta yang bareng gw lain dipersilahkan untuk bisa pulang ke rumah mirip eliminasi Idol ya gaiss. Oke selanjutnya gw bergantian dengan partner gw buat wawancara HRD, ya seputar pertanyaan yang tertera di Formulir sih. Oke setelah 5 menit wawancara, gw disuruh untuk melanjutkan wawancara lagi ke User setelah jam makan siang. Waahhh alhamdulillah lagi gw lolos ke tahap selanjutnya. Dan partner gw ternyata juga lolos, sambil menunggu wawancara selanjutnya kita disuruh untuk istirahat dulu. Gw memilih menunggu di area dekat CS meskipun partner gw ngajak makan di foodcourt dekat kantor. Jam menunjukkan pukul 1 disitu ternyata ada satu orang peserta yang juga akan wawancara User, okelah kita bertiga menunggu untuk bergantian. Oh ya ruangan yang dipakai interview User yaitu di ruangan meeting. Setelah itu giliran gw orang ketiga yang akan di wawancara, disini User hanya seperti mengkroscek dan mengkonfirmasi Formulir dan berkas kita serta menjelaskan seputar posisi yang kita lamar, gaji, dan gambaran seputar perusahaan. Dan diakhir interview gw diberitahu bahwa ini adalah proses terakhir, gw diberitahu bahwa gw disuruh menunggu 1 minggu untuk kemudian dihubungi. Cepet banget dah proses interviewnya. 

Ternyata kedua temen gw yang lain juga diberitahu untuk menunggu 1 minggu. Ketika kita bertiga akan pulang ternyata ada 2 orang lain yang meunggu giliran interview user setalah aku. Jadi total peserta yang lolos hingga tahap akhir ada 5 orang termasuk aku, 4 orang wanita dan 1 orang Pria. Overall gw salut sama proses seleksi atau tahapan J&T ketika recruitment sangat professional sekali. Apalagi peserta lolos tidak lolos ketika tahapan diumumkan secara langsung. Itulah pengalaman gw ketika mengikuti interview di J&T apapun hasilnya gw pasrahin ke Tuhan, karena gw juga udah berusaha semaksimal mungkin. Dan hari itu gw tutup dengan nongkrong bareng kedua temen baru gw ketika interview sambil menikmati segelas Milo dingin.

Komentar

  1. manfaat sekali informasianya , makasih udah sharing , sukses slalu .....

    BalasHapus
  2. Tes excelnya kaya gimana kak?

    BalasHapus
  3. Bagus, bermanfaat sekali... Mampir ke Blog saya ya

    BalasHapus
  4. Kak aku izin bertanya, untuk posisi trainer ini kerjanya ngapain ya, apakah melakukan pelatihan ke karyawan atau seperti apa kak? Aku masih bingung hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer